Tuesday , July 16 2019
Home / Aktivitas / Registrasi dan Pemasangan RFID
Casablanca East Residences
Casablanca East Residences

Registrasi dan Pemasangan RFID

P3SRS CER (Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun Casablanca East Residences) bekerjasama dengan PT Pertamina & PT INTI menyelenggarakan pendaftaran dan pemasangan RFID di lingkungan Casablanca East Residences. RFID (Radio Frequency Identification) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memonitor penggunaan BBM Subsidi (Premium). PT Pertamina (Persero) menegaskan pemasangan perangkat RFID untuk BBM bersubsidi pada mobil tidak dikenai biaya/gratis. Apabila ada keluhan terkait registrasi dan pemasangan RFID ini, masyarakat dapat menghubungi contact center Pertamina 500-000, follow twitter @SMPBBM dan Facebook: SMPBBM atau melalui www.pertamina.com.

Kerjasama registrasi dan pemasangan RFID antara P3SRS CER dengan PT Pertamina & PT INTI bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dengan memperluas titik-titik pemasangan di luar SPBU dan di luar hari kerja sehingga tidak mengganggu aktivitas dan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini program registrasi dan pemasangan RFID dimaksudkan untuk melakukan monitoring dan pencatatan transaksi pembelian BBM bersubsidi dengan mencatat identitas kendaraan dan merekam volume pembelian setiap transaksinya.

Dengan sistem integrasi secara online yang dikenal dengan sistem Monitoring Pengendalian (SMP) Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi melalui teknologi Radio Frequency Identification (RFID) maka distribusi dari depo diharapkan akan tercatat secara realtime ketika sampai ke SPBU. Sistem ini sendiri saat ini ditetapkan dalam dua fase untuk melancarkan penetrasi pengendalian BBM subsidi. Fase pertama adalah fase monitoring terhadap seluruh data transaksi baik itu penjualan dan pembelian BBM subsidi dikumpulkan sebagai informasi yang valid, akurat, dan memiliki akutabilitas tinggi. Pengumpulan data transaksi penjualan BBM terdiri dari transaksi penjualan per produk, per dispenser, per nozzle, per periode waktu, lokasi SPBU, dan jumlah transaksi. Data transaksi pelanggan dapat berupa identitas kendaraan pelanggan seperti nomor polisi, identitas pelangan, perilaku pembelian pelanggan. Fase kedua dengan telah terpasangnya RFID maka sistem teknologi informasi yang terpasang dapat memantau dan mengendalikan beberapa banyak jatah BBM subsidi yang dikonsumsi oleh setiap kendaraan. Dalam fase kedua ini mencakup tahap pengendalian RFID tiap mobil berisi volume kuota konsumsi BBM subsidi bulanan dan top up kuota akan dilakukam secara otomatis oleh sistem setiap bulan.

PT Pertamina menginformasikan bagi seluruh masyarakat yang ingin mengisi kendaraanya dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi untuk segera memasangkan RFID (Radio Frequency Identification) pada mobilnya masing-masing. Pada pertengahan 2014 diharapkan sistem SMP BBM sudah dapat dimulai diimplementasikan. Meski pemasangan RFId ini bukan sebuah kewajiban, namun bila tidak terpasang, masyarakat hanya diperbolehkan mengonsumsi BBM non subsidi.

Casablanca East Residences
Casablanca East Residences

Berikut schedule registrasi dan pemasangan RFID di Casablanca East Residences yang telah dilaksanakan dalam 2 periode:

  • Periode ke-1 pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 25 & 26 Januari 2014 dari pukul 09:00 s/d 17:00 WIB,
  • Periode ke-2 pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 8 & 9 Februari 2014 dari pukul 09:00 s/d 17:00 WIB.

Lokasi registrasi RFID di Sekretariat P3SRS CER dekat kolam renang tower B.
Persyaratan yang dibutuhkan hanya fotocopy STNK dan KTP pemilik mobil.

Disadur dari berbagai sumber.

About CER Portal Administrator

Check Also

Family Trip CER 2015

Family Trip CER 2015

Family trip CER pada tahun 2015 ini mengusung visi dan misi¬†“Dengan Family Trip mari kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *