Wednesday , December 12 2018
Home / Info dan Tips / [INFO] SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1570 tahun 2014 untuk P3SRS CER
Casablanca East Residences
Casablanca East Residences

[INFO] SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1570 tahun 2014 untuk P3SRS CER

Sektor properti di Jakarta Timur terus tumbuh subur dan berpotensi semakin diminati. Kawasan yang dulu dianggap kurang prospektif itu kini menunjukkan eksistensinya. Seiring dengan selesainya proyek Kanal Banjir Timur (KBT) serta makin meningkatnya infrastruktur terkait transportasi maupun penyediaan fasilitas umum yang ditandai dengan dibukanya akses tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) pintu tol Bintara, serta akses jalur busway di sekitar Terminal Pulogadung dan Pulo Gebang, Jakarta Timur sekarang semakin berkembang. Mulai dari hunian tapak (landed house) dengan konsep town house maupun kawasan perumahan sistem cluster hingga hunian vertikal (apartment) banyak dibangun di wilayah kota Jakarta Timur.

Casablanca East Residences sekarang ini telah menjadi salah satu pilihan hunian vertikal yang paling popular dan diminati yang disebabkan karena lokasinya yang strategis dan mudah diakses oleh transportasi umum. Banyak rumah susun dibangun dan ratusan orang tinggal di dalamnya. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui aspek legal tinggal di hunian vertikal (apartment).

Berdasarkan Undang-undang No. 20 tahun 2011 tentang Rumah Susun Pasal 74 dan 75 disebutkan bahwa pemilik satuan rumah susun wajib membentukan PPPSRS (Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun) yang berkewajiban mengurus kepentingan para pemilik dan penghuni yang berkaitan dengan pengelolaan kepemilikan benda bersama, bagian bersama, tanah bersama dan penghunian.

Pembentukan PPPSRS Casablanca East Residences adalah wajib dalam sebuah rumah susun. Pihak developer dalam hal ini PT Binakarya Agung Propertindo (BAP) wajib memfasilitasi terbentuknya PPSRS ini paling lambat sebelum masa transisi dari pelaku pembangunan ke penyerahan satuan rumah susun kepada pemilik selesai. Masa transisi ini sendiri tidak boleh melebihi 1 (satu) tahun (sejak penyerahan pertama satuan rumah susun kepada pemilik). Setelah PPPSRS Casablanca East Residences terbentuk, pihak developer wajib menyerahkan pengelolaan benda bersama, bagian bersama dan tanah bersama kepada PPPSRS.

Dengan telah dikeluarkannya SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1570 tahun 2014 yang telah menetapkan dan mengesahkan Akta Pembentukan PPPSRS Casablanca East Residences berdasarkan Akta Notaris Fauzah Askar SH Nomor 44 tahun 2013 dalam rapat Musyawarah Umum Anggota (MUA) Casablanca East Residences pada tanggal 13 Juli 2013, maka saat ini PPPSRS Casablanca East Residences telah sah secara hukum dan diakui keberadaannya oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

SK-Gub-DKI-Jakarta-PPPSRS-CER
SK-Gub-DKI-Jakarta-PPPSRS-CER

About CER Reporter

Share update info and news in our CER

Check Also

Final Champions Berlin 2015

[INFO] Nobar Final Liga Champions 2015

Pertandingan terbesar di dunia klub sepakbola Eropa dimulai pada Sabtu malam atau Minggu dini hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *